[TRANS] 130119 Review ‘Mine’- Jaejoong bukanlah MV Kpop seperti yang lainnya

i130107-10a

Setelah lama akrab dengan genre gothic-rock, visual-kei, j-rock dan lirik yang metal. Saya mengantisipasi single terbaru Jaejoong ‘Mine’ dengan napas tertahan apalagi setelah saya menonton teasernya. Saya terbiasa mendengarkan Dir en Grey, Malice Mizer, Nightwish, HIM dan Gackt, itu beberapa diantaranya, dan saya pikir sangat sempurna jika saya menghargai hasil kerja terbaru salah satu anggota JYJ ini. Saya bilang Jaejoong sudah bergerak menjauhi dari gambaran kpop biasa, datang dengan sebuah hasil yang terinspirasi dari gothic rock. Perhatian yang akan saya review bukanlah MV kpop, jika kamu berharap mendengarkan lagu seperti itu, kamu akan kecewa.

Jaejoong selalu menjadi yang teraneh di DBSK, dengan sejarah panjang anti-fan yang awalnya dianggap karena masalah kepribadian. Dia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menemukan pijakan didunia kpop dibandingkan anggota yang lainnya, dan bahkan dia tampak tidak cocok berada di konsep pop. Dengan rilisan baru ini, rasanya seperti akhirnya Jaejoong akhirnya menemukan jatidirinya. Ini adalah jenis lagu dan image yang seharusnya dia gunakan dari awal. Rasanya sangat cocok, dan masuk akal mengingat dia selalu memiliki minat di jrock. Bahkan seseorang seperti saya, yang tidak pernah mengikuti DBSK, merasa senang ketika bintang idola menjadi artis solo yang dengan caranya sendiri.

Citra didalam video ini adalah gaya klasik gothic dan fantasi, Serangkaian adegan monokromatik dari simbol dan makhluk. Untuk alasan tertentu citra dan latar belakang itu menemukan tempatnya di genre fantasi (dibeberapa media) saat ini. MV ini lolos melewati klise dan antik. Taring, burung hantu, serigala, rantai, burung gagak, hutan, topeng yang tidak terbantahkan terkait dengan gothic rock dan bahkan cerita fantasi yang lebih gelap. Mirip dengan artis dan band yang ada di dalam genre ini. Jaejoong adalah gambaran yang diterima dan simbol yang dimengerti yang mendorong ‘Mine.’

Untitled-9Menggali sedikit lebih dalam. Mari kita pertimbangkan pilihan Jaejoong untuk mengenakan taring palsu. Jauh sebelum ‘Twilight’ atau Remaja ’emo’ mulai menggunakan taring terkenal seperti sekarang, Peter Steele, Penyanyi utama dari band Type O Negative, mengikir gigi aslinya menjadi taring. Daya tarik untuk menjadi animalistik (dan kadang vampiris) yang berupa taring bukan hal tidak biasa bagi penyanyi dalam genre dark rock dan Jaejoong mengikuti jejak ini. Dia tidak menggunakan taring untuk meminum darah palsu, atau hal lain yang bisa diasosiasikan seperti itu. Dia hanya memiliki taring sebagai bagian dari dirinya, bagian  dari karakternya. Peran jaejoong di adegan ini adalah sebagai malaikat jatuh, yang memiliki taring.

Pada subyek yang klise, bagi mereka yang merasa mv ini klise, anda tidak perlu jauh-jauh melihat kebelakang seperti band Within Temptation untuk melihat kebanyakan MV dari band gothic rock memang masuk kedalam kategori klise tersebut. Walaupun MV Jaejoong jauh dari kesan klise, hal itu tidak bisa dihindari (bahkan sedikit disayangkan) bahwa orang akan mengasosiasikan gambaran tersebut seperti itu. Dalam hal ini, untung saja ‘Mine’ datang dibawah tema gothic rock dengan percikan visual kei, dan itu lompatan dari jrock yang lebih klise pada awal tahun 2000-an. Bagaimanapun, di dalam MV Within Temptation dan Jaejoong, yang penting bukanlah bagaimana simbol tersebut disajikan, tetapi apa arti daripada simbol tersebut.

20130118_seoulbeats_JJmine-1024x576Sekarang, mari kita berbicara soal simbol klasik yang muncul di “Mine.” Burung hantu dan Serigala adalah binatang yang di zoom dalam ‘Mine.’ Jadi binatang ini kira-kira mewakili apa ? Burung hantu tergantung dari budaya, adalah penjaga jiwa dan juga simbol kebijaksanaan, rahasia, pesan dan misteri. Serigala adalah komunikator, yang bisa melambangkan kelicikan, loyalitas, kecerdasan dan kasih sayang. Demikian juga ada arti untuk binatang lain yang bkita bisa lihat di MV tersebut, Ular adalah lambang kreativitas dan sifat siklus di dunia. dan burung gagak bisa dikaitkan dengan kecerdikan, perubahan dan transformasi. Meskipun memiliki banyak arti positif di banyak budaya, binatang ini juga memiliki reputasi buruk karena asosisasi mereka dengan kekerasan, malam dan kematian. Jaejoong sendiri sering di hakimi secara negatif, diluar sifat aslinya. sebagai individu dan selama kasus hukum JYJ. Dalam pemahaman pararel, dia mungkin mencari tahu mengenai koneksi  dan sifat tersebut untuk menyampaikan pesan pribadinya yang kuat dalam ‘Mine.’

Juga dalam korelasi dengan lirik, Jaejoong tampaknya berjuang melawan sesuatu atau seseorang. di bagian terbaik dari MV, baik secara fisik dan mental. Di satu bagian, dia secara harafiah lehernya terantai pada struktur metal raksasa dan setelah dia berhasil memutuskan rantai tersebut, pindah ke adegan dimana dia berlari. Terlihat seperti terputus, tetapi sangat menarik dan nyata, melihat Jaejoong lari dari kungkungannya. Ketika adegan terfokus pada rantai leher tersebut jatuh ke tanah, ini menunjukan kebebasan.

20130118_seoulbeats_JJmine2-1024x674Mirip dengan dia melarikan diri menuju kebebasan, diakhir MV Jaejoong melebarkan sayapnya untuk terbang. Sayap mengingatkan pikiran kepada kemampuan untuk lepas landas, yang pada dasarnya mengacu kepada kemampuan untuk pergi kemanapun dia mau. Sayap juga melambangkan kesuksesan, saat ketika seseorang menemukan panggilan hidupnya dan mengambil kesempatan itu. Ini adalah simbolis langsung terhadap apa yang Jaejoong lakukan dengan MV dan album ini. Meskipun ideologi ini diambil dari proyek tersebut, saya punya sedikit kritik. Sayapnya akan lebih baik jika mereka mengunakan sayap dari frame bulu sebenarnya dibandingkan mengunakan komputer grafis. Tetapi dengan kemudahan komputer grafis saat ini, sulit untuk mengharapkan MV dengan bugdet yang besar mau bersusah-susah dengan alat peraga fisik seperti itu. Dan juga adalah ide yang bagus untuk menggunakan ular sesungguhnya karena memberikan MV kesan yang realistis dan nyata. Jika semua alat peraga bisa dibantu dengan menggunakan komputer, sayap dan efek mata yang berwarna-warni hal yang paling dapat dimaklumi untuk menggunakan efek komputer.

Melangkah lebih jauh dari untuk menggali makna lebih dalam. Saya harus memuji pakaian yang dipakai di MV ini! Berlian dimuka yang membentuk topeng, pinggiran hitam panjang pada pakaiannya di adegan menunjukan taring. Pakaian hitam-hitam yang hanya ditunjukan secara singkat (dan sepatu boots yang keren) di adegan burung gagak. Baju kulit ‘Backless’ dan gelang berduri ketika dia terrantai. baju dari rantai dan topi/topeng yang aneh (ada yang menangkap itu seperti the fifth element?) Dan yang paling menarik adalah kurangnya pemakaian baju dalam adegan tato. Topeng bane adalah satu satunya yang kurang karena topeng yang lebih unik akan mengurangi unsur ‘Hollywood”, yang didalam kasus ini lebih disukai. Gaya rambut dan make-up juga terlihat bagus, sesuai dengan mood dan menambah kesan tetapi tidak berlebihan.

20130118_seoulbeats_JJmine4Tidak lah sulit untuk menangkap makna didalam MV ini, dengan masa lalu Jaejoong yang rumit di industri Kpop(dan pribadi), ada banyak hal yang membuat dia ingin melarikan diri selama beberapa tahun terakhir. Dengan lagu yang pada dasarnya berkata ‘Jangan hujanin parade saya’ (nb phrasa yang sering digunakan untuk mengatakan jangan suruh aku diam dan jangan ganggu aku). Sangat jelas Jaejoong lelah dengan orang-orang yang mencekik dia dan kebebasan kreatifnya. Dunia artis gothic rock yang fantastis dan intens lebih cocok untuknya dibandingkan kehidupan dari anggota band kpop yang diproduksi. Dia sudah membuktikan bahwa dia familiar dengan genre ini (dilihat dari orang yang dia ajak kerjasama) dan image dari genre itu sangat pas, jadi penggemar (seperti saya) merasa nyaman dengan albumnya dan tidak merasa dia merusak image gothic rock.

Rating keseluruhan 4,75 dari 5 karena ada beberapa hal yang bisa diperbaiki, tapi ini adalah MV yang sempurna untuk Jaejoong untuk memulai karirnya. Ada satu juta hal yang bisa saya katakan mengenai MV ini, tetapi mari kita berhenti disini dan mengharapkan hal-hal yang lebih besar akan datang darinya.

Source Seoulbeats

Translated and Shared by KJJ_INA

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s