[TRANS] 130119 Review MV Seni dan Simbolisme dibalik Kim Jaejoong – ‘Mine’

vlcsnap-1195299-1024x576Pada tanggal 17 Januari 2013, power-vokalis JYJ yang misterius Kim Jaejoong merilis album solo pertamanya berjudul ‘I’ dan meluncurkan video musik untuk lagu berjudul ‘Mine.’ Sejak dirilis album ini mendapat respon yang sangat besar. lagu itu sendiri, adalah lagu rock yang belum pernah dilihat dari Jaejoong, gabungan dari unsur rock Korea dan rock Jepang, dengan tambahan gothic dan punk yang terlihat sekilas, yang membuat pendengar terkagum-kagum. Jika menggali liriknya lebih dalam (ada beberapa orang yang mengatakan) menimbulkan perasaan kebencian, kemarahan dan kecemasan yang Jaejoong sembunyikan sepanjang karirnya terhadap orang-orang yang menganiaya dia dan juga anggota dia yang lainnya.

Video musik itu sendiri sudah terhitung kekuatan yang harus diperhitungkan. Video musik Kpop yang berkisar dari gaya yang lucu dan menyenangkan sampai ke sedih dan gelap. tetapi video Mine keluar dari standar tersebut dengan video yang mendalam dan membuka mata walaupun mv ini sangat gelap dan sedikit mengusik.

Sinematografi , set, pencahayaan, bersama dengan prop seperti hewan, lilin hitam, perapian yang menyala. membuat Mv ini enak dilihat. Dengan editing yang bagus dan adegan yang sesuai dengan lagu, MV ini memberi kita tampilan visual dari nuansa yang ingin ditampilkan lagu tersebut bersamaan dengan sebuah kisah simbolis. Kostum, alat peraga dan pencahayaan menambah nuansa setiap adegan yang sangat menekanan “sebuah perjalanan gelap” yang Jaejoong lalui sejak debutnya.

Namun, Simbolisme di MV ini adalah alasan mengapa sangat terkenal di antara penggemar JYJ/TVXQ/DBSK. Belum pernah sebelumnya JYJ atau anggota JYJ, merilis MV yang dalam dan melambangkan bukan hanya rasa sakit dimasa lalu tetapi juga harapan masa depan. Sambil kita melihat melalui layar kaca sekali lagi, kami akan membagi apa daya tarik dari video ini dan menurut kami apa sih arti dari video ini.

Mine-breakdown-1

Di awal kita bisa melihat adegan Jaejoong di hutan diantara pohon-pohon tandus, mengenakan pakaian yang lusuh dan salju berjatuhan disekitarnya. Adegan ini secara visual menggambarkan perasaan terjebak di tempat yang dingin, tidak bersahabat, tidak berperasaan, sunyi dimana tidak ada kesempatan untuk melarikan diri. Dia hilang di hutan tanpa ada harapan untuk diselamatkan. Ekspresi mukanya menunjukan rasa sakit, kebingungan dan kecewa ketika dia berjalan di hutan gelap yang tidak dia ketahui dan tidak terkendali.

Menurut simbologi, burung hantu  mewakili kebijaksanaan, sehingga burung hantu yang natap bisa mewakili kebijaksanaan dan kebenaran yang selalu ada tetapi dia tidak bisa melihat karena dia ditahan. Merasa hilang dan benar-benar sendirian, dirinya menemukan perlahan-lahan bahwa ini bukanlah kehidupan yang dia maksudkan dan bergulat dengan perasaan yang menyakitkan yang berasal dari keputus-asaan. Dia sekarang menyesali tindakan bodohnya mempercayai kepada sebuah entitas yang dia pikir akan menjadi penyelamatnya tapi akhirnya malah menjadi kegagalannya.

Terus-menerus diburu oleh kekuatan jahat  didunia ini, yang diwakili oleh anjing yang mengongong, Jaejoong rindu akan kebebasan sementara mulai membenci dirinya yang menjadi monster yang disebabkan oleh pengaruh mereka. Monster Jaejoong disimbolkan dengan orang yang seperti boneka dan memiliki karakter yang bukan seperti diri dia yang sebenarnya dan sepenuhnya diciptakan oleh masternya yang jahat. Dalam adegan ini kita dapat melihat kilas pertama ketika dia melihat kehidupannya tanpa adanya harapan untuk mengendalikan dirinya sendiri.

mine-breakdown-2Adegan berikutnya cukup profetik, mereka melambangkan penahanannya yang dipaksa dan dia selamanya dirantai ke roda nasib. Pilihan yang dia telah buat mengikat dia ke dunia penuh dengan keputusasaan dan penderitaan dan dia menemukan dirinya dibelenggu takdir  yang tampaknya tidak terhindarkan. Terikat dan dibebat, dia tidak bisa melakukan apa yang hatinya inginkan  dan juga tidak bisa berbicara mengenai ketidak adilan yang dia rasakan. Hanya dilepas ketika masternya mengijinkan, dia tidak bisa mengatakan kebenarkan karena takut akan hukuman yang akan dia dapatkan jika dia berbuat seperti itu.

Berjuang melawan rantai yang mengikatnya kepada neraka dunia, dia melawan dengan sepenuh tenaga dan mulai melawan kepada master yang menindasnya. Anjing yang menggonggong dan mengeram sekali lagi diperlihatkan, memberikan penekanan bahwa master menjaga agar korbannya merasa dihargai dan tetap jinak. Usaha mereka gagal untuk mempengaruhi keinginan Jaejoong akan kebebasan. Dia memilih untuk tersembunyi berusaha membebaskan diri dari rantai yang membelenggunya selama bertahun-tahun, tetapi berpura-pura patuh ketika masternya ada. Upaya yang lebih kuat untuk menhancurkan kekangan mereka terhadap dirinya dan membebaskan dirinya di simbolisasikan pada bagian akhir dimana Jaejoong menarik rantai di lehernya dengan muka yang tampak ganas dan putus asa.

Mine-breakdown-3Saat dia berjuang lebih intens, dia mulai menyadari bahwa dia bisa memutuskan rantai yang mengikat dia dan dengan sisa tenaganya yang terakhir akhirnya dia memutuskan rantai perbudakannya. Tiba-tiba bebas, rasa percaya dirinya  sangat tinggi dengan perasaan penghinaan yang murni dan arogansi sementara master yang menindasnya sadar akan kebebasannya dan mencoba untuk menangkap dia kembali.

Menurut mitologi kuno dan legenda, gagak melambangkan kematian dan juga entitas yang menemukan kesenangan yang berpesta dari sisa-sisa perang. Penggunaan burung gagak bisa diinterpretasikan dalam 2 cara: Kematian masa lalu Jaejoong yang menyakitan dan penuh penindasan bersamaan mencari individu untuk berpesta akan hidup/karirnya yang sudah berakhir. Dengan melempar ikatannya, disimbolkan dengan rantai leher yang dibuang ke lantai, Jaejoong berusaha untuk melarikan diri secepat yang dia bisa ketika kekuatan dari luar (gagak) berada di jalannya bersiap untuk melihat dia jatuh dan tentu saja mengambil tulang belulangnya jika dia benar jatuh.

Mine-breakdown-4Ketika video musik memperlihatkan penyesalan dalam gang yang gelap, adegan berikutnya memperlihatkan saat refleksi diri. Bebas dari ikatan, Jaejoong melihat dirinya sendiri melalui mata yang baru dan menemukan apa yang dia lihat bukanlah sesuatu yang biasa dia lihat atau yang dia inginkan.

Tengkorak kristal mewakili kebenaran yang keras dan dingin  yang dia gagal utuk abaikan selama bertahun-tahun dan mengingatkan akan rasa sakit yang dia pernah rasakan. Dirinya sendiri yang kini telanjang untuk dilihat oleh seluruh dunia. inspeksi akan tubuh dan tatonya mewakili bekas luka yang dia pertahankan karena kebodohan masa mudannya dan juga perbudakannya. Melihat satu persatu bekas lukanya, dia mengingat sekali lagi tentang hal hal yang berharga (orang) yang telah hilang sepanjang jalan.

Bergulat dan bergumul denga rasa bersalah dari kejahatan yang dia lakukan kepada orang-orang yang mencintainya (memegang ular), Jaejoong menarik dirinya lebih dalam untuk merefleksikan dirinya untuk mencari kebenaran yang sempurna. Ketika adegan terfokus pada punggungnya kamu bisa melihat secara simbolis  mereka yang telah hilang dan burung hantu menjulang diadegan tersebut menjadi tanda visual dia telah melihat wahyu. Dia menjadi bijaksana dan dengan tegas dia mencari dan dengan padamnya lilin hitam demikian pula dia memadamkan masa lalunya dan bersiap untuk awal yang baru.

Mine-breakdown-5Ketika kebenaran utama diwujudkan, Jaejoong berubah dari korban menjadi master dari nasibnya sendiri, seperti masa depan yang begitu dia rindukan. Pencahayaan yang eksplosif  di pembakaran di rumah pencerahan (gereja) menunjukan kelahiran kembalinya dia. Dia sekarang memiliki dorongan dan determinasi yang dia inginkan dan berubah menjadi sesuatu yang sangat berbeda. Persona vampir menunjukan tidak hanya rasa percaya dirinya tetapi perasaannya atas kekuasan dan kekuatan yang baru. Dia tegas dalam jalan barunya dan percaya diri dalam keinginanna untuk melihat semua mimpinya menjadi kenyataan.

Sadar akan kekuatan jahat yang masih ada didunia ini dan juga kebohongan yang mereka lontarkan (mulut ular yang terbuka), Jaejoong mengambil langkah pertama di kehidupan barunya dengan satu lompatan besar dia merebut kembali panggung dunia. Adegan yang memperlihatkan mata barunya dan menyipitkan matanya melambangkan pandangan dia yang baru dan juga tekadnya dan fokusnya. Dengan jalan yang telah dia pilih, dirinya yang baru memberikan kemungkina yang tak terbatas dan dengan menumbuhkan sayapnya, dia sekarang siap terbang dan menunjukan kepada dunia apa yang dia tawarkan, sebagai diri dia yang sebenarnya.

Jaejoong-Mine-Promo-shotInterpretas MV ini adalah oleh saya, saya tidak menarik kesimpulan begitu saja. Saya mempertimbangkan seluruh sejarah JYJ/TVXQ/DBSK dan bahwa semua anggota sudah bertahan sejak mereka debut di 2003. Dengan referensi itu dikepala saya, saya mulai melihat korelasi antara simbolisme di MV dengan ujian dan kesengsaraan yang Jaejoong telah lalui selama ini.

Korelasi antara kelahirannya di akhir video dan juga representasi dirinya di album baru ini. Sementara dikenal baik dengan vokalnya yang bagus untuk lagu balad dan juga tergeneralisasi oleh musik yang dirilis oleh JYJ, lagu dan video musik ini memperlihatkan sisi lain dari mentalitas Jaejoong. Mencoba genre rock pertama kali dan sekarang dia sudah mencapai tujuannya untuk menciptakan kembali diri dia untuk dilihat oleh dunia, dia bisa terus melangkah ke jalan yang dia pilih.

Bagaimana menurut anda interpretasi saya ini? Apakah kami benar? Apakah salah? Tinggalkan pesan kalian dan beritahu kami apa yang anda pikirkan mengenai MV dan simbolisme yang mendasarinya.

Sources: Video – CJeSJYJ on YouTube; Photos: all screen captures and collages provided by author in hellokpop

Translated and Shared by KJJ_INA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s