[NEWS] 130124 ‘Penyanyi Solo’ Kim Jaejoong. Alasan mengapa saya tidak mengunakan nama ‘Hero’

Kim Jaejoong penyanyi yang berbakat dan penuh dengan emosi dari JYJ dan juga aktor yang sudah pernah tampil baik di layar TV maupun layar lebar, mengambil tantangan terbaru sebagai penyanyi solo.

Mencoba sebuah genre yang baru yang belum pernah dia nyanyikan sebelumnya, Kim Jaejoong berkolaborasi dengan Kim Bada untuk menciptakan lagu yang mengusung genre rock tradisional dengan warna yang unik yang menonjolkan bakat kuat suaranya.

Menumpah semua emosi dan cerita yang belum pernah diungkapkan dalam karirnya selama 10 tahun sebagai penyanyi dan aktor ke dalam lirik pada solo album pertamanya, Kim Jaejoong mengantisipasi penuh tantangan baru yang akan dia hadapi.

20130124080809426-1Ada pandangan negatif terhadap bintang idola yang  mengejar karir musik di genre rock. Ini adalah salah satu alasan mengapa Moon HeeJoon memiliki banyak anti-fan ketika dia memulai solo karirnya setelah H.O.T bubar.

“Saya mempertimbangkan pandangan negatif tersebut. Karena rock adalah genre yang berbeda dengan gaya lagu yang selama ini saya nyanyikan selama ini, saya berusaha keras untuk membuang kebiasaan yang sudah terbentuk selama bertahun-tahun, dan saya belajar bagaimana cara bernyanyi dan mengekspresikan emosi kedalam bentuk rock tradisional.”

Meskipun dia merasa gugup tentang mencoba genre baru, dia bertekad untuk mengatasi kesulitan dan mencapai kesuksesan. Saya tidak berpikir saya akan bekerja sama dengan senior yang mengarahkan dan membuat lagu untuk saya. Saya mendapat banyak bantuan dan bisa banyak belajar mengenai genre yang saya sukai.

Kolaborasi Kim Jaejoong dengan vokalis Sinawi Kim Bada menjadi pengalaman yang baru baginya. Dari vokalisasi yang spesifik dari genre  sampai merubah gaya bernyanyinya, Kim Jaejoong melewati prosedur training yang intensif untuk bisa menjadi dirinya yang sekarang.

“Saya kesulitan untuk merubah gaya bernyanyi saya, Jika kamu mendengarkan mini album ini dan membandinkan suara antara lagu pertama dengan lagu terakhir, bukankah terdengar seperti dua orang yang berbeda? ‘One Kiss memiliki banyak nada tinggi, jadi saya merasa saya berada di dunia lain (tertawa). Saya merasa seperti saya kembali menjadi penyanyi baru, tetapi saya tidak membuang gaya saya sendiri supaya cocok dengan genre rock. Saya cuman berusaha keras untuk sedikit merubah gaya saya supaya bisa masuk kedalam genre tersebut.

Kim Jaejoong berpartisipasi dalam penulisan dan pembuatan seluruh lagu dalam albumnya. Kim Jaejoong menulis semua emosi dan cerita tersembunyi dari hidupnya sebagai penyanyi dan aktor pada lirik di lagunya dan sekali lagi memperlihatkan bakatnya yang istimewa.

“Saya biasa menulis lirik dengan sangat cepat. Tapi akan memakan waktu yang sedikit lama ketika saya harus menulis sesuatu yang ada alur ceritanya, seperti novel, tetapi tetapi karena sebagian besar lirik perlu seperti itu, saya menulis lirik dengan waktu yang relatif cepat. Saya menulis lirik ‘I’ll protect you’ untuk OST ‘Protect the boss’ dan ‘Living like a dream’ untuk OST Dr. Jin hanya dalam waktu 15-20 menit. Tetapi untuk membuat lirik ‘One Kiss’ saya butuh waktu tiga hari. Saya rasa inilah waktu yang paling panjang yang saya butuhkan untuk menulis lirik.”

jjstarn2Musik video ‘Mine’, Lagu utama dari mini album Kim Jaejoong, meninggalkan kesan yang dalam karena menggunakan produksinya yang berkualitas tinggi dan visualisasi yang intens. Kim Jaejoong memulai musik video dengan image yang polos dan misterius, dan akhirnya berubah menjadi karakter yang nyata, menyempurnakan image yang membuat kita merinding pada setiap adegan dan pencampuran efek aneh pada video musiknya dengan pakaian dari desainer terkenal Song Hae Myong.

“Saya meminta kepada sutradara tema dari video musik berdasarkan lirik dari lagu tersebut, Dia mendatangi saya keesokan harinya. Sepertinya dia telah melakukan banyak riset sebelumnya. Kami tidak tidur selama 2 hari untuk syuting video musik ini, dan hasilnya sangat artistik dan saya pribadi sangat puas dengan hasil akhirnya.”

Apa reaksi para anggota JYJ, yang terkenal dengan persabahatan mereka yang erat, mengenai solo album Kim Jaejoong? Ketika ditanya, Kim Jaejoong tersenyum senang.

“Yoochun mendengarkan ‘One Kiss’ pertama kalinya di Cina dan berkata, “Rasanya aku ingin minum sekarang. lagu ini sangat bagus. Jika aku bilang saya lebih menyukai ini dibandingkan Tarantallegra Junsu maka dia akan ngambek kepadaku yah ?’ Yoochun lebih menyukai lagu yang penuh emosi dibandingkan lagu dance, dan saya pikir karena itulah dia ingin minum setelah dia mendengar lagu tersebut.”

“Junsu sangat menyukai lagu utamaku ‘Mine’. Dimasa lalu ketika kami masih aktif di Jepang, saya pernah merilis lagu berjudul ‘Maze’. Sejak saat itu, Junsu selalu bilang kepada saya, ‘Jika kamu akan merilis album solo, kamu harus membuat lagu rock. Kamu harus melakukannya dengan lagu yang kuat, ritmis yang cepat.'”

Walaupun dia anggota JYJ, Kim Junsu tetap menggunakan ‘XIA(h)’, Nama yang dia gunakan ketika dia dulu adalah anggota TVXQ, sebagai nama yang dia pakai di aktivitas solonya. Tetapi Kim Jaejoong berhati-hati tentang penggunaan nama ‘Hero’.

“Junsu pasti benar-benar suka ‘Xia’. (tertawa) Junsu percaya bahwa ketika dia seorang aktor musikal, nama Kim Junsu sangat cocok, dan ketika dia sebagai penyanyi, nama ‘Xia’ cocok baginya, Dan saya setuju dengan hal itu. Bagi saya, Karena nama ‘Hero’ adalah nama yang saya gunakan dulu ketika kami masih berlima, Saya telah memutuskan untuk menahan diri dalam menggunakanya sebanyak mungkin sekarang,”

20130124080809449Kim Jaejoong memilih ‘penggemar’ sebagai alasan utama dia merilis labum solonya. Dia tahu sejak mulai menciptakan JYJ dan memulai aktivitas solonya , dia lebih terfokus pada aktingnya daripada menyanyi.

“Saya yakin ada orang yang suka JYJ sebagai kelompok, dan ada orang yang menyukai vokal dari masing-masing anggota. Saya tidak ingin membuat mereka menunggu lama, jadi saya ingin secepatnya membawa musik saya kepada mereka.”

Melalui aktivitasnya yang akan datang  utuk albumnya, Kim Jaejoong berencana menyapa penggemar internasionalnya. Walaupun tidak ada banyak lagu dalam albumnya, dan ini adalah albumnya yang pertama dan dia sedang berdiskusi dengan agensinya untuk kemungkinan menghelat Tur Dunia di masa depan.

Karena JYJ sudah memenangkan gugatan mereka terhadap Avex, banyak yang memprediksi Kim Jaejoong akan mengejar solo karirnya disana, tetapi dia memiliki ide lain.

“Secara pribadi, Saya ingin kami bertiga bersama-sama ketika kami mulai melanjutkan aktivitas kami di Jepang. Saya pikir itu adalah kewajiban kami sebagai trio dan tampil untuk penggemar yang telah diam-diam menunggu kami di Jepang selama lebih dari 4 tahun terakhir. Sedangkan untuk kemungkinan tur dunia, Saya ingin pergi jika ada satu lagu saya yang memenuhi kualitas tinggi yang diharapkan dari sebuah tur dunia.”

Kim Jaejoong, yang telah memulai tahun sebagai penyanyi, berencana untuk melanjutkan karir aktingnya juga. Dengan aktivitas JYJ yang sudah direncanakan, 2013 akan menjadi tahun istimewa untuk penggemarnya.

Source: StarN

English Translations Credit: Dongbangdata

Bahasa Translated and Shared by: KJJ_INA

Leave a Reply

