[NEWS] 130127 JYJ Kim Jae Joong menulis liriknya berdasarkan kisah nyata

Anda menulis lirik untuk kelima lagu dalam album anda, ‘One Kiss’, ′Mine′, ′Healing for Myself′, ′You Fill Me Up′ dan ′All Alone′. Apakah itu semua tentang pengalaman pribadi anda?

Healing for Myself, yang memiliki lirik yang bercerita tentang kerinduan cinta yang hilang, adalah berdasarkan dari kisah nyata (Tertawa). Saya pernah menulis tentang hubungan saya sendiri sejak saya mulai menulis lirik untuk TVXQ (DBSK), dan penggemar saya tahu bahwa saya telah menggunakan pengalaman pribadi saya untuk lirik. Tentu sajam saya harus memiliki pengalaman cinta untuk bisa menulis tentang ini (Tertawa). Terkadang saya menulis lirik berdasarkan film.”

Lalu apakah anda berpisah dengan pacar anda baru-baru ini, seperti yang dikatakan dalam lirik? Kapankah terakhir kali anda dalam suatu hubungan?

“Saya tidak mau menjawab pertanyaan ini (Tertawa).”

Tampaknya lirik untuk ‘Mine’ berisi pesan yang lebih kuat dari satu cinta. Mereka tampak sangat abstrak juga.

“Seperti saya merasa bahwa saya perlu menulis lebih banyak pesan simbolis dari cinta saat saya mendengar One Kiss, saya merasakan hal yang sama untuk Mine. Karena ini adalah rock yang keras saya merasa lagu ini tidak akan cocok dengan lirik yang manis seperti berkata ‘I love you.’ Metode yang bersifat menyatakan perasaan yang digunakan dalam Mine sering digunakan di Jepang, dimana saya menarik keluar rasa sakit yang terus saya tahan, dan menggunakan kisah cinta saya sendiri. Kepercayaan diri yang dinyatakan dalam Mine juga merupakan milik saya sendiri.”

Sudah 10 tahun sejak debut anda. Kapankah anda merasa bahwa ini adalah waktu yang lama.

“Saya baru-baru ini mendengarkan lagu-lagu yang telah saya nyanyikan sejak debut, dan semuanya dijumlahkan menjadi sekitar 130-140 lagu. Kemudian saya merasa bahwa saya telah bekerja keras selama 10 tahun.

Selera musik anda pastinya telah banyak berubah dari musik anda saat itu.

“Saya merasa malu (Tertawa). Saya sebenarnya berfikir saya masih sangat muda. Pikiran dan penampilan saya keduanya terlihat sangat muda. Saya pikir begitu, dan kemudian saya menonton video saat saya masih lebih muda, dan menyadari seberapa mudanya saya saat itu. Sebenarnya empat atau lima tahun lalu saya berfikir bahwa saya telah dewasa (Tertawa).”

Sebelumnya, setiap kali anda merilis sebuah lagu, lagu itu akan langsung berada di peringkat atas, tapi akhir-akhir ini lagu anda tidak bisa mendapat peringkat setinggi itu.

“Saya lebih perduli terhadap album dibandingkan peringkat dari single saya. Akan sangat baik tentunya untuk mereka mendarat di peringkat atas, dan akan lebih baik untuk mendapatkan lebih banyak orang yang mendengarkan lagu kita, setidaknya melalui audio karena kita tidak bisa tampil di TV… Tapi saya pikir semua musisi biasanya memiliki sedikit peluang untuk menunjukkan penampilan mereka.”

Bagaimana menurut anda tentang masalah MBC ‘Infinity Challenge’ baru-baru ini dalam chart musik, atau beberapa lagu lain yang dirilis oleh komedian?

“Saya tau ada perdebatan dalam masalah ini, tapi anda tidak dapat menyalahkan seseorang. Terkadang orang-orang memandang rendah pada lagu yang ditampilkan dalam variety show meskipun lagu itu diproduksi dengan ketulusan. Namun, lagu-lagu dari bintang populer lebih mudah mencapai peringkat teratas dimanapun di dunia ini. Jepang, bahkan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh anak berumur lima tahun berada di posisi no. 1. Saya percaya itu wajar untuk lagu-lagu [Infinity Challenge] mencapai peringkat teratas karena lagu tersebut dinyanyikan oleh beberapa orang yang paling populer di Korea.”

Anda akan menggelar konser anda pada 26-27 January. Saya dengar ini akan menjadi sebuah percobaan baru, dengan tiga bagian termasuk sebuah mini concert dan fanmeeting.

“Konser ini akan terdiri dari sebuah event dimana saya bisa mengekspresikan diri saya, di mana saya bisa melakukan apa yang penggemar saya inginkan dari saya dan juga live performance. Ini adalah sebuah event dan konser yang diproduksi untuk membawa bersama ketiga bagian dalam satu panggung. Saat saya menggelar konser saya selalu berkata bahwa saya ingin berhubungan dan bercakap-cakao dengan penggemar, tapi akhirnya saya selalu memamerkan tentang diri saya, bukan bercakap-cakap dengan penonton. Kali ini, saya memiliki bagian dimana penggemar dapat berpartisipasi, dan saya akan menerima permintaannya. Saya juga percaya bahwa nanti akan ada bagian dimana penggemar bisa naik ke atas panggung untuk bermain game.”

Apa saja rencana anda untuk 2013?

“Apa yang kami tahu sekarang adalah bahwa JYJ akan merilis sebuah album. Saya pikir sudah saatnya kita menggelar world tour. Jika saya punya waktu, saya juga ingin berakting lagi. Saya memiliki banyak hal yang ingin saya lakukan.”

Apakah anda punya rencana untuk menggelar world tour seperti Junsu?

“Saya sangat ingin, tapi saya tidak memiliki lagu yang cukup dan saya pikir saya belum bisa menggelar world tour sendirian. Itulah mengapa saya merasa iri dengan Junsu. Ini adalah sesuatu yang keren, bahwa seorang anggota dari grup bisa menggelar world tour sendirian.”

Apakah anda merasa senang?

“Saya sangat senang, tapi ada banyak saat dimana saya tidak merasa senang. Saya pikir ini karena saya harus bertemu banyak orang. Saya menjalani hidup dimana tidak ada seorangpun yang hidup untuk saya, tapi saya juga harus melalui apa yang tak seorangpun pernah lalui. Saya kira kesimpulannya adalah bahwa saya senang (Tertawa).

Photo credit: C-JeS Entertainment
Reach reporter Choi Eunhwa on Twitter @silvercandy88!

Credit: Enewsworld
Bahasa Translation & Shared by: KJJ_INA
Leave a Reply

