[REVIEW] ALLKPOP Kim Jaejoong ‘I’

20130125_review_jjJYJ Jaejoong secara perlahan-lahan telah membuat resumenya sebagai penulis lagu dan komposer sejak era TVXQ. Hasil karyanya tidak jelek, hanya saja tidak pernah benar-benar menarik perhatian saya. Ketika kita melihat lagu solo Jaejoong dulu, lagu itu terlihat sebagai lagu pelengkap JYJ bukan lagu yang bisa memberitahu kita siapakah Jaejoong sebagai penyanyi solo. Saya merasa dia adalah orang yang tumbuh dalam grupnya, tetapi tidak memiliki faktor ‘X’ yang dibutuhkan untuk bisa berdiri sendiri. Dengan dirilisnya minialbum dia yang pertama, ‘I’, pendapat saya berubah, dan saya tidak bisa lagi menjadi lebih terkesan.

Bukan hal yang sering anda jelaskan lagu seorang idola sebagai lagu yang mewah, hebat dan orkestra, tetapi lagu pembuka pra-rilis ‘One Kiss’ (yang dikomposeri oleh Kim Bada dari band rock  Art of Parties dan lirik oleh Kim Jaejoong) adalah diatas semua itu bahkan lebih, Dengan vokal Jaejoongyang terdengar lebih baik daripada sebelumnya. Lagu rock orkestra bukanlah sesuatu yang baru dan yang satu ini cukup standar, Tetapi ada sesuatu dalam cara Jaejoong membawakannya yang membuat lagu ini spesial dan cukup ambisius untuk album.

‘Mine’, Lagu utama, yang juga dikomposeri oleh Kim Bada dan lirik oleh Jaejoong. Seperti ‘One Kiss’, lagu ini dimulai dengan synthesizer sebelum dilanjutkan dengan rock instrumental. Meskipun ‘Mine’ lebih teatrikal, mengambil petunjuk dari visual kei dan rock jepang pada umumnya. Lagu ini menempatkan Jaejoong pada langkahnya, dari suara lembut yang memohon di verse, sampai suara yang hampir seperti berteriak di chorus. Liriknya, walaupun terlihat sederhana, memperlihatkan  rentang emosi yang luas Jaejoong menuduh kekuatan yang menindas seperti “racun yang keluar dialam liar”, dan kemudian langsung mempertanyakan perasaan dia sendiri yang kosong, sebelum menuntut penindasnya untuk menjauhi “lautannya”. Dia merasakan kegembiraan sesaat yang “menelan dirinya secara utuh” sebelum memberitahu ketakutannya “bagaimana jika tempat ini nanti tercemar, juga” kamu bisa menbaca seperti yang kamu inginkan . Saya rasa bukan hal yang besar untuk menunjuk bahwa materi yang TVXQ gunakan dulu dipengaruhi oleh visual kei, dan bukan kebetulan kalau Jaejoong mengunakan gaya tersebut untuk “Mine”.

“You Fill Me Up“ satu-satunya lagu dimana Jaejoong tidak turut berpartisipasi dalam pembuatannya, adalah lagu yang paling tidak menarik, karena terdengar seperti lagu yang akan dilakukan JYJ sebagai grup. Selain sebagai lagu pop balad bertempo sedang. Penataan vokalnya sangat ‘JYJ’ termasuk penggunaan suara latar perempuan bukannya lelaki yang mungkin bisa membuat lagu ini lebih baik. Walaupun begitu lagu ini terdengar bagus dan membuat seperti pembersihan setelah intensitas di dua lagu sebelumnya. Dua lagu terakhir yang dibuat dan dikomposeri oleh Jaejoong “Healing for Myself“, lagu balad tentang orang yang belajar untuk hidup sendiri setelah ditinggalkan orang yang dicintainya, dan “All Alone” (dikomposeri juga oleh Kim Sae Jin), yang bercerita tentang kesepian, kerahasian dan penyesalan. Lagu ini sangat dalam dan intim, memberikan kita kesempatan untuk mendengarkan nada rendah Jaejoong yang benar-benar bagus.

Busur emosional dalam album ini sangat kuat, dan sebenarnya membuat aku merasa terkuras diakhirnya, seperti sayalah yang menuangkan perasaan sendiri, bukannya Jaejoong! Mungkin ini adalah salah satu efek samping dari bakat aktingnya, karena walaupun stuktur lagunya sederhana dan liriknya tidak terlalu inovatif, tetapi semua sarat emosi dan album ini sendiri seperti pernyataan yang sangat kuat. Penggemar mungkin kecewa  karena mereka tidak bisa melihat ‘Mine ‘ di acara musik, tetapi jangan lah bersedih. Dia tidak butuh acara musik untuk membuktikan kepopulerannya! Walaupun dia tidak dapat berpromosi, albumnya berada dipuncak berbagai tangga lagu sekarang, dan tiket mini konser dan fanmeetingnya terjual dalam hitungan menit.

Seperti yang saya tunjukan pada ‘Bold Predictions in K-Pop for 2013‘, Jaejoong sudah menerima pemberitahuan wajib militernya, dan sudah menundanya dua kali. Pada umur 28 tahun, dia tidak memiliki waktu yang tersisa selain album JYJ yang akan dirilis dipertengahan tahun ini, ‘I’ mungkin adalah hal terakhir yang bisa kita dengarkan sebelum dia memulai wajib militernya. Ini seimbang antara merasa sangat lengkap dan meninggalkan penggemar untuk menginginkan lebih, dan itu adalah waktu yang tepat untuk pergi sampai nanti dia akhirnya akan kembali.

Reviewer’s Rating: (4.4 / 5)

Community Rating:  1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (584 votes, average: 4.67 out of 5)

Source: Allkpop

Translated and Shared by: KJJ_INA

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s