[NEWS] 130129 Kim Jaejoong: “Mencoba Rock, Saya tidak bisa menyangkal kalau prasangkanya menakutkan”

jyjbabylove2

Mencoba genre rock di solo album pertama
“Saya menyukai Kim Kyungho, Seo Taiji, NEXT sejak saya masih kecil”
Membuat album dengan bantuan Kim Bada dari Sinawi… turun langsung sebagai penulis lirik dan komposer.Mengakhiri gugatan hukum dengan agensinya yang lama, “Hati saya tersentuh.”

“Sejak saya kecil, Saya menyukai musik rock dari negeri kita lebih daripada lagu dance. Saya mendengar dan menyanyikan lagu Kim Kyungho, Next, YB, Jo Janghyuk. Karena kakak perempuan saya adalah penggemar berat Seo Taiji, saya juga sering ikut bernyanyi. Saya terutama menyukai ‘Classroom idea’ dan ‘Dreaming of Ballhae’.”

Kim Jaejoong dari grup JYJ bertransformasi menjadi rocker. Bukan gaya rocker yang sekarang populer tetapi retro rock, yang terkenal di tahun 1990-an, Terkadang terdengar seperti pop-rock, terkadang terdengar seperti J-rock (rock Jepang). Dipenuhi dengan balad dan rock, Solo albumnya ‘I’ yang dirilis 16 Januari, terdiri dari 5 lagu termasuk ‘Mine’ sebagai lagu utama. Baru-baru ini bertemu di kafe di Naesu-dong, Seoul, Jaejoong menjawab pertanyaanku mengenai apakah dia sadar akan prasangka orang terhadap idola yang melakukan genre rock, “Saya mencoba membuat musik yang bisa membuat orang yang menyukai rock akan bilang kalau itu terdengar hebat.”

Ini bukan kali pertama Kim Jaejoong bertransformasi menjadi rocker. Dia sering memperlihatkan kesukaanya terhadap musik rock di penampilan solonya ketika dulu di TVXQ. 2008, dia merilis lagu solo di Jepang yang merupakan lagu rock, ‘Maza’. Dia berkata, “Terkadang saya menonton DVD penampilan diri saya sendiri menyanyikan lagu ‘Maze’ di konser di Jepang pada 2012. Saya yang sangat menikmati panggung terlihat mengesankan.”

Kim Bada dari band rock Sinawi dan Butterfly effect mengkomposeri ‘One Kiss’ dan ‘Mine’. Keyboardist Shaun dari band indie KOXX juga berpartisipasi dalam rekaman. Kim Jaejoong menulis lirik di hampir semua lagu di album ini dan juga membuat komposisi utuk 2 lagu. Dia berkata, “Saya tidak tahu akan menjadi apa jika hanya saya sendiri yang membuat album ini. Album ini memiliki banyak lagu yang bagus karena partisipasi dari musisi rock yang terkemuka.” Untuk dapat menyerap musik rock seutuhnya, Jaejoong dengan bantuan Kim Bada, merubah gaya vokalnya dan mencoba vokal yang lebih berteriak.

Tantangan rocker Kim Jaejoong sampai saat ini, setengah berjalan menuju kesuksesan. Walaupun penjualan albumnya terus berada di peringkat 1, kati tidak bisa menyamakan dengan charts musik online. Atas usahanya yang baru ini, pasti ada alasan dibaliknya. “Sebagai anggota JYJ, aada kewajiban dan beban untuk selalu memberikan yang terbaik dan sesuatu yang baru. Kesempatan yang baik datang diwaktu yang tepat. Tidak hanya penggemar, tetapi ada banyak orang yang menunggu album rock saya. Konser dan fanmeetingnya diadakan di KINTEX, Goyang, Gyeonggi untuk merayakan perilisan album baru sukses besar dengan total 16.000 penonton.

Album ini secara keseluruhan adalah seperti monolog pribadi dari Kim Jaejoong. Judul dari album, dan juga ‘Mine’, ‘My Only Comfort’, ‘All Alone’, etc. Lagu yang liriknya dia tulis bercerita tentang ‘I’.”Itu tidak disengaja. Ketika saya mengumpulkan lagu, itu memberikan perasaaan bahwa ini adalah sesuatu yang aku bisa bicarakan. Mungkin sutradaranya mencari tahu mengenai karakter saya. Dia membuat video musik ‘Mine’ berdasarkan itu. Saya sering berkata bahwa saya adalah yang terjelek diantara anggota yang lain. Di tim kami, saya lah yang paling jelas paling disukai atau paling tidak disukai berdasarkan penampilan saya. Lalu di video musik tersebut, saya terlihat seperti lelaki yang kesepian dengan menggunakan topeng bertatah berlian. Saya pikir musik dan video tersebut mengambarkan dengan jelas saat-saat berat di masa laluku.”

Perseteruan antara JYJ dan mantan agensi SM Entertainment selama 3 tahun sudah berakhir. Mereka juga memenangkan gugatan terhadap agensi Jepang Avex. Saya bertanya perasaanya setelah bebas. Dia berkata, “Mungkin karena itu adalah waktu yang sangat lama dan sangat berat, hati saya tersentuh.” “Karena kami baru saja bebas dari situasi yang membuat frustasi, Saya harap kami bisa memperlihatkan diri kami sebagai JYJ dalam kapasitas yang berbeda.”

Source: hankooki

English Translations Credit: Hannah @ PrinceJJ

Bahasa Indonesia Translated and Shared by : KJJ_INA

 

 

 

Leave a Reply

